Langkah Dalam Untuk Membuat Passpor Online Yang Harus Anda Ketahui

Seperti yang sudah anda ketahui bahwa ketika anda akan pergi ke luar negeri, tentunya salah satu hal yang sangat penting untuk dipersiapkan oleh anda adalah paspor. Karena dengan menggunakan paspor ini, anda bisa berkunjung serta menetap di luar negeri dengan rentan waktu yang sudah ditentukan. Paspor ini bisa diibaratkan sebagai kunci yang berfungsi untuk membuka pintu rumah. Begitu juga paspor ini, yang berfungsi sebagai tanda sahnya anda masuk ke negeri orang.Dan pada saat ini membuat paspor itu menjadi lebih mudah dan cepat lagi, karena bisa dilakukan dengan cara online. Oleh karena itu, dalam artikel kali ini akan membahas tentang 3 langkah-langkah dalam pembuatan passpor online sebagai berikut :

  1. Langkah langkah Membuat Paspor Online Melalui Aplikasi “Layanan Paspor Online”

– Langkah pertama, anda harus mengunduh aplikasi “Layanan Paspor Online” di Google Play store. Selain itu, aplikasi ini dibuat dan dikembangkan langsung oleh Direktorat Sistem dan teknologi Informatika Keimigrasian Indonesia.

– Langkah selanjutnya, bukalah aplikasi dan daftarkan diri anda dengan Facebook maupun Google. Isilah formulir yang tersedia muali dari nimor NIK, tanggal lahir, nama lengkap, username, password, konfirmasi password, email, nomor HP, dan jenis kelamin.

– Setalah pembuatan akun berhasil dan anda telah login, anda harus meng-klik opsi “antrian Paspor”.

– Setelah itu, ada 3 langkah pendaftaran diri yang harus anda lakukan. Langkah pertama, pilihlah kantor imigrasi terdekat yang anda inginkan.

– Langkah kedua, isilah formulir yang telah tersedia muali dari jumlah pemohon, tanggal kedatangan, waktu kedatangan. Setalh itu, klik “Lanjut”.

– Untuk langkah ketiga, masukkan data pemohon. Kemudian klik “Simpan”, dan anda pun telah mendapatkan jadwal yang telah ditentukan oleh sitem.

  1. Langkah-langkah Dalam Mendaftar Antrean Online Lewat Situs Imigran

Bagi anda, yang tidak bisa mengunduh atau menggunakan aplikasi. Anda bisa mengakses situs resmi imigran, melalui deskop atau mobile browser di handphone anda. Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini :

– Langkah pertama anda harus meng-klik opsi pendaftaran di pojok kanan bawah kolom yang telah tersedia.

– Isilah data diri anda, untuk mendaftar.

– Setelah itu, ikuti tahapan pendaftaran yang telah tertera pada situs tersebut. untuk prosesnya, kurang lebih sama dengan yang ada pada aplikasi.

– Apabila pendaftaran sudah disetujui sesuai tanggal dan jumlah pembuatan paspor yang telah dipilih, anda harus menyimpan kode booking atau QT Barcode yang sudah tertera pada situs.

– Tunjukkan kode booking atau QR Barcode yang anda dapat, kepada petugas admin atau resepsionis ketika datang ke kantor imigrasi.

  1. Langkah-langkah Daftar Antrean Online Paspor Lewat WhatsApp Gateway Service (WGS)

– Langkah pertama, pilihlah kantor imigrasi yang akan anda kunjungi. Simpanlah nomor operatornya dalam handphone anda.

– Lalu, bukalah aplikasi WhatsApp. Kemudian buat pesan baru dengan format #Nama#TanggalLahir#TanggalKedatangan untuk pembuatan paspor.

– Setelah itu, kirimlah pesan tersebut ke nomor operator layanan kantor imigrasi.

– Pada saat ini, baru ada 4 kantor imigrasi yang menggunakan layanan WhatsApp Gateway Service untuk daftar antrea online diantaranya : Kantor Imigrasi Kelas 1 Batam : 0822 8886 4406. Kantor Imigrasi Kelas 1 Jakarta Pusat : 0812 9900 4406. Kantor Imigrasi Kelas 1 Tangerang : 0811 8119 0000. Kantor Imigrasi Kelas 1 Bogor : 0811 1100 333.

Apabila, anda ingin membuat paspor di kantor imigrasi selain 4 kantor di atas. Anda bisa tetap, mendaftar antrean online dengan cara via aplikasi atau situs imigrasi. Demikianlah informasi kali ini semoga bermanfaat.