Ini Dia Deretan Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk Yang Harus kamu Ketahui

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa nyamuk merupakan salah satu jenis serangga yang menjadi musuh besar bagi umat manusia. Tak hanya menimbulkan rasa gatal dan bentol-bentol, gigitan jamuk juga bisa memnimbulkan penyakit DBD (demam berdarah) yang berujung dengan kematian. Maka dari itu, sangat penting bagi kita untuk senantiasa memperhatikan kebersihan rumah agar tidak menjadi sarang nyamuk. Nah, berbicara soal penangkal nyamuk, berikut dibawah ini ada beberapa jenis tanaman pengusir nyamuk yang harus kamu ketahui :

  1. Bawang Putih

Jenis tanaman pertama untuk mengusir nyamuk yang harus kamu ketahui, yakni bernama bawang putih. Ya, berdasarkan dari hasil penelitian, aroma bawang putih ini sangat tidak disukai oleh nyamuk dan jenis serangga lainnya. Mengenai cara menggunakannya, siapkan beberapa butir bawang putih, iris-iris, lalu tempatkan pada area yang menjadi sirkulasi udara seperti jendela, pintu, ventilasi, dan lain sebagainya. Agar aromanya tidak terlalu menyengat, kamu juga bisa menambahkan bawang putih dengan minyak essensial yang aromanya sesuai selera.

  1. Catnip

Nepeta Cataria atau yang lebih dikenal dengan nama catnip, merupakan salah satu jenis tanaman yang kerap digunakan untuk merangsang kucing agar lebih aktif lagi. Dengan kata lain, tanaman catnip ini adalah suplemennya para kucing lho. Akan tetapi, tanaman catnip ini merupakan musuh besarnya bagi para nyamuk. Mengapa bisa demikian? Sebab, tanaman catnip memiliki kandungan minyak esensial nepetalactone yang sangat ampuh untu mengusir nyamuk. Cara penggunaannya pun sangat simple, dimana kamu hanya perlu menempatkan tanaman catnip pada area-area yang menjadi sarang nyamuk.

  1. Geranium

Mungkin sebagian besar masyarakat kita belum terlalu familiar pada tanaman yang bernama geranium. Padahal, jenis tanaman yang satu ini juga tidak kalah ampuhnya dalam mengusir nyamuk lho. Pasalnya, tanaman geranium memiliki kandungan geraniol dan sitronelol, yang aroma harumnya itu sangat tidak disukai oleh nyamuk. Kamu pun bisa menanam tanaman genarium pada potu kecil, kemudian tempatkan pada area luar rumah dan dalam rumah. Selain berfungsi sebagai pengusir nyamuk, tanaman geranium ini juga berfungsi sebagai penghias agar ruangan dalam rumahmu semakin cantik.

  1. Lavender

Jenis tanaman berikutnya yang sangat ampuh dalam mengusir nyamuk, yakni bernama lavender. Ya, bunga yang berwarna ungu ini memiliki aroma harum yang sangat disukai manusia, namun sangat tidak disukai oleh para nyamuk. Itu sebabnya, mengapa bunga lavender ini selalu dijadikan bahan untuk membuat obat anti nyamuk. Hal itu juga dikarenakan kandungan zat lonalool dan lynalyl pada bunga lavender. Kamu pun bisa meletakkan buna lavender ini pada area-area yang memang menjadi sarangnya nyamuk.

  1. Serai Wangi

Tanaman serai wangi ini tidak hanya digunakan untuk penyedap pada makanan dan minuman saja, melainkan juga bisa digunakan untuk mengusir nyamuk lho. Tak sulit bagi kita untuk menjumpai serai wangi ini dipasaran, yang bisa kamu tanaman sendiri kedalam pot kecil, kemudian letakkan pada area-area yang menjadi sarang nyamuk.

  1. Lemon Balm

Tidak berbeda jauh dengan jenis tanaman yang diatas tadi, dimana lemon balm juga sudah terbukti efektif dalam mengusir nyamuk. Ya, hal itu dikarenakan lemon balm memiliki kandungan senyawa bernama stronelal, serta aromannya yang sangat tidak disukai oleh nyamuk.

Itulah deretan jenis tanaman yang dapat mengusir nyamuk. Dari keenam jenis tanaman tersebut, tanaman manakah yang akan kamu gunakan untuk mengusir nyamuk?

Malcare WordPress Security