7 Cara Membersihkan Rumah dari Debu Paling Efektif

7 Cara Membersihkan Rumah dari Debu Paling Efektif

Cara membersihkan rumah dari debu by Galaxyindo: Rumah tak sepenuhnya bisa terbebas dari debu. Meski begitu, anda bisa meminimalisir debu yang menempel. Tak bisa dipungkiri, debu memang akan membuat tampilan rumah terkesan tak terawat dan kotor. Untuk itu, bagi anda yang ingin memiliki rumah indah, rapi, dan bersih, pastikan anda rutin membersihkan rumah dari debu. Cara membersihkan rumah dari debu pun sangat beragam, baik itu teknik, alat, maupun bahan yang digunakan.

silahkan pelajari juga jasa bersih rumah di bekasi

Cara Membersihkan Rumah dari Debu

Pada kesempatan kali ini, kami akan bagikan beberapa tips membersihkan rumah dari debu selengkapnya untuk anda. Berikut ulasannya.

  1. Hindari Kasur Kapuk

Salah satu cara agar rumah bersih dari debu ialah menghindari penggunaan kasur yang dibuat dari kapuk. Tak hanya kasur kapuk, hindari juga bantal kapuk. Hal ini dikarenakan bahan kapuk seringkali menjadi hunian debu. Anda bisa membuktikannya dengan memukul kasur dan bantal kapuk anda. Anda bisa lihat sendiri bahwa ada debu yang berterbangan. Bayangkan apabila debu tersebut ada di rumah anda dalam waktu lama.

  1. Gunakan Vacuum Cleaner

Debu memang sulit dihilangkan. Meski begitu, bukan berarti anda tak bisa menghilangkannya. Untuk membersihkan debu, anda bisa memanfaatkan vacuum cleaner. Dengan menggunakan vacuum cleaner, alat ini akan menghisap debu yang menempel dimanapun itu secara baik. Debu tak akan berterbangan dan hinggap di perabotan lainnya.

baca juga artikel menarik mengenai jasa membersihkan rumah bandung

  1. Gunakan Perabotan Berbahan Kayu dan Plastik

Cara membersihkan rumah dari debu lainnya ialah dengan menggunakan perabotan yang dibuat dari bahan kayu dan plastik. Hal ini dikarenakan perabotan berbahan kayu dan plastik sangat mudah dibersihkan. Selain itu, perabotan berbahan kayu dan plastik juga tak akan membuat debu menempel. Dengan begitu, rumah anda akan terlihat bersih dan terawat.

  1. Mengepel dan Mengelap

Menyapu saja tak akan membebaskan rumah dari debu. Untuk itu, alangkah baiknya anda juga mengepel lantai usai disapu. Hal ini dikarenakan mengepel lantai terbukti efektif dalam menangkap debu dan sisa kotoran yang tak tersapu. Dalam mengepel lantai, pastikan anda menggunakan pel yang kering sehingga mudah menyerap air. Dengan begitu, debu dan kotoran tak akan mudah menempel. Sementara untuk perabotan, anda bisa bebaskan perabotan dari debu dengan cara memanfaatkan lap basah. Anda bisa mengelap setiap perabotan anda dengan lap basah dan diikuti dengan mengelap menggunakan lap kering.

  1. Kurangi Pemasangan Hiasan Dinding

Agar rumah anda tak terkesan menyimpan banyak debu, anda bisa mengurangi pemasangan hiasan di dinding. Mulai dari lukisan, foto, gambar, dan lain sebagainya perlu untuk diminimalisir pemasangannya. Hal ini dikarenakan debu akan mudah menempel di area kecil seperti tempat-tempat tersebut. Selain itu, debu yang menempel pada hiasan dinding seringkali lupa tak dibersihkan.

  1. Jangan Nyalakan Kipas Angin

Sebelum debu anda hilangkan, pastikan anda tak menyalakan kipas angin. Hal ini dikarenakan debu akan mudah berterbangan ke tempat lain. Alangkah baiknya anda buka jendela agar ada pergantian udara. Dengan begitu, anda tak akan merasa sesak atau sulit bernafas akibat debu.

  1. Rutin Menjemur Karpet dan Kasur

Cara membersihkan rumah dari debu lainnya ialah dengan rutin menjemur karpet dan kasur. Setidaknya anda jemur karpet dan kasur sekali dalam sebulan. Pastikan juga kasur dan karpet anda jemur tepat di bawah terik matahari. Dengan anda menjemur karpet dan kasur, anda tak hanya akan menghilangkan debu saja, melainkan juga bakteri dan kuman yang menempel. Sembari dijemur, anda bisa memukul-mukulnya dengan pemukul khusus agar debu hilang.