6 Cara Benar Cuci Mobil Supaya Tetap Kinclong Dan Awet

tips-cuci-mobil-busa

Sekarang di sekitar rumah atau area kerja, ada banyak tempat cuci mobil. Pada saat datangnya akhir pekan maka tidak hanya faktor mesin saja yang harus kamu perhatikan tetapi juga kamu harus memperhatikan kebersihan body mobil. Terlebih pada saat bodi mobil kotor dan harus dibersihkan. Pada saat datangnya akhir pekan tersebut maka cobalah untuk meluangkan waktu untuk mencuci mobil sendiri. Tetapi untuk melakukannya harus menggunakan cara yang benar. Berikut 6 cara benar cuci mobil supaya tetap kinclong dan awet diantaranya yaitu :

  1. Menggunakan Alat Yang Khusus

Untuk cuci mobil ini setidaknya kamu harus menggunakan peralatan khusus. Misalnya saja menggunakan serat mikro, sarung tangan untuk proses mencuci, dan juga handuk berbulu untuk mengeringkannya. Tetapi jika kamu di rumah memiliki kanebo dan spons dengan busa biasa, maka sebaiknya kedua peralatan tersebut ditinggalkan. Karena proses pencucian tidak akan berjalan dengan efektif jika menggunakan kanebo dan spons.

  1. Terlebih Dahulu Membersihkan Seluruh Area Mobil Sebelum Benar Benar Mencuci

Petama tama utamakan terlebih dahulu untuk membersihkan bagian bawah mobilnya seperti kolong, roda, dan juga velg, daripada membersihkan terlebih dahulu bagian bodinya tanpa menggunakan air shampoo. Yang perlu diperhatikan adalah pada saat mencuci bagian bawah mobil, kamu tidak boleh memercikkan air ke bodi mobil. Pasalnya percikan air tersebut dapat menyebabkan tumbuhnya bintik bintik air atau yang biasa disebut dengan jamur.

Terlebih jika kamu mencucinya secara langsung dibawah sinar matahari, yang akan menyebabkan cepat mengeringnya air lalu akan menjadi jamur. Adanya jamur pada mobil ini akan membuat jadi kusamnya bodi mobil. Jika kamu sudah selesai membersihkan bagian bawahnya, maka bagian atas atau bodi mobil juga harus dibersihkan dengan menggunakan air tanpa sampo seperti pada saat kamu membersihkan bagian bawah mobilnya. Tetapi sebelumnya kamu harus membuang terlebih dahulu kotoran dan debu dengan menggunakan serat mikro atau micro fiber atau vakum khusus.

  1. Menyemprotkan Air Dengan Benar

Pada saat kamu menggunakan air dengan tekanan tinggi, maka semprotan airnya dimiringkan kearah samping kanan atau kiri. Hindarilah menyemprotkan air secara horizontal atau menyemprotkannya langsung ke depan tanpa dimiringkan. Cara yang benarnya adalah dengan mengarahkan dari atas ke bawah. Dilakukannya cara ini adalah supaya kotoran akan langsung jatuh.

  1. Menggunakan Sampo Khusus Dan Kemampuan pH Balance

Setelah basah semua area mobilnya, untuk mencuci seluruh bodi mobilnya gunakanlah sampo yang tepat. Adanya beberapa produk sampo yang akan memberikan bau harum ataupun deterjen dengan campuran khusus. Yang harus kamu hindari adalah menggunakan bahan pembersih dengan kadar deterjen tinggi seperti yang biasa digunakan untuk mencuci piring. Pasalnya bodi mobil yang dilapisi cat dan perlindungannya cukup berbeda dengan piring.

  1. Menghilangkan Kotoran Yang Membandel Dengan Menggunakan Claying

Adanya kotoran yang sulit dibersihkan bisa disebabkan oleh bahan aspal yang menempel pada bodi mobil atau bahkan serangga yang menempel pada bagian bagian mobil tersebut. Untuk membersihkan noda yang membandel ini maka dibutuhkannya sedikit tahapan khusus pada saat mencucinya yaitu dengan menggunakan claying. Semua noda yang terlihat ataupun yang tidak dijamin akan hilang jika menggunakan claying.

Dan dilangkah yang terakhirnya adalah kamu tidak boleh menggunakan lap sembarangan seperti kanebo atau spons, tetapi gunakan handuk yang berbulu.

Malcare WordPress Security